Sabtu, 26 Oktober 2013

CARA MENGEMBALIKAN PESERTA DIDIK KELUAR KE PESERTA DIDIK AKTIF / TAB PESERTA DIDIK DAPODIKDAS 2013

Mengingat banyaknya proses input data seluruh Peserta Didik khususnya bagi sekolah yang memiliki jumlah peserta didik relatif banyak bahkan sampai ratusan PD hingga terkadang membuat adanya kesalahan OPS yang tidak terduka dalam proses input/edit data yang berhubungan dengan Peserta Didik dalam aplikasi Dapodikdas 2013 ini. 

Kesalahan seperti ini, saya sendiri juga pernah mengalaminya pada awal-awal penginputan data Peserta Didik beberapa hari yang lalu yakni ketika Peserta Didik (PD) aktif ternyata tidak ada dalam halaman “Peserta Didik”, tetapi ada dalam kolom “PD Keluar”, lalu bagaimana cara mengatasi/mengembalikan PD (Peserta Didik) Keluar tersebut ke kolom “Peserta Didik” / peserta didik aktif, berikut langkah-langkah beserta gambarnya :
1.   Klik pada tab “PD Keluar”.
2.   Pilih salah satu Peserta Didik yang akan diaktifkan kembali (dikembalikan ke halaman/tab Peserta Didik).
3.   Klik ikon “Registrasi”.
4.   Setelah muncul halaman baru, terdapat 3 kolom isian “Diisi Saat Sudah Keluar” yakni “Keluar karena”, “Tanggal keluar”, dan “Alasan”. Lalu hapus seluruh isian yang terdapat dalam dua kolom tersebut, yakni dalam kolom “Keluar karena” dan pada kolom “Tanggal keluar”. lalu hapus seluruh isian yang tertera di kolom-kolom tersebut.
5.   Terakhir, klik “Save and Close”.
6.   Lihat pada tab “Peserta Didik”, bila Peserta Didik tersebut belum muncul dalam halaman itu, silahkan direfresh (klik f5) pada keyboard komputer/laptop Anda.

Semoga bermanfaat, terimakasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar